STRATEGI PROMOSI POTENSI DESA UNTUK MENUNJANG PEMBENTUKAN DESA AGROWISATA PUNTUKREJO NGARGOYOSO KARANGANYAR

Musyawaroh Musyawaroh, Untung Joko Cahyono, Avi Marlina, Leny Pramesti, Tri Joko Daryanto, Sumaryoto Sumaryoto, Widi Suroto, Made Suastika, Ummul Mustaqimah

Abstract


Desa agrowisata menawarkan kegiatan pertanian sebagai daya tarik wisata serta melibatkan penduduk lokal dalam perencanaan hingga pengelolaannya. Agrowisata juga bertujuan untuk memperluas pengetahuan, pengalaman, rekreasi, dan hubungan usaha di bidang pertanian. Promosi online sangat diperlukan untuk memajukan desa agraris menjadi daerah tujuan wisata. Desa Puntukrejo memiliki potensi pariwisata alam yang indah dan iklim yang sejuk, serta memiliki berbagai UMKM. Akan tetapi potensi tersebut belum seluruhnya dikenal oleh masyarakat luas termasuk Soloraya dan sekitarnya. Kegiatan ini bertujuan untuk mendampingi masyarakat Desa tersebut dalam mepromosikan potensinya melalui media sosial. Tahapan kegiatan yang dilakukan adalah : 1) identifikasi dan pendokumentasian potensi desa yang diunggulkan; 2) merencanakan model promosi bagi potensi tersebut; 3) pelatihan pembuatan dan pengelolaan website. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendampingan masyarakat dengan melibatkan partisipasi masyarakat secara aktif. Hasil dari kegiatan tersebut adalah website yang representatif untuk mempromosikan potensi Desa Puntukrejo Ngargoyoso Karanganyar yang dapat mendukung terbentuknya Desa  Agrowisata.


Full Text:

PDF

References


Andini, N. (2013). Pengorganisasian Komunitas Dalam Pengembangan Agrowisata Di Desa Wisata Studi Kasus : Desa Wisata Kembangarum , Kabupaten Sleman. Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 24(3), 173–188.

Bappeda. (2019). Peraturan Daerah Kabupaten Karanganyar No. 10 Tahun 2019 tentang RPJMD Tahun 2018-2023. Indonesia: Pemerintah Kabupaten Karanganyar.

Deptan. (2002). Agrowisata meningkatkan pendapatan petani. Retrieved August 1, 2020, from http://database.pertanian.go.id/agrowisata/viewfitur.asp?id=3

Hadiwijoyo, S.S., 2012, Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat, Yogyakarta : Graha Ilmu.

Kasim, S., Murianto, Satria, C., 2020. Perancangan Media Promosi Desa Sintung Sebagai Desa Wisata, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 1 No. 1 Juni 2020.

Kemenpar, 2014. Peraturan Desa Nita Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Pengembangan Desa Wisata.

Kuncoro, D. (2011). Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Yang Perlu diketahi Oleh Pemerintah Daerah. Buletin Tataruang BKPRN, 24. https://doi.org/10.1098/rspa.1926.0034

Musyawaroh, dkk., (2020). Pendampingan Penataan Lahan Bumdes Berbasis Agrowisata Di Desa Puntukrejo Karanganyar, Peletian-HGR, Universitas Sebelas Maret.

Musyawaroh, dkk., 2021. Pendampingan Promosi Potensi Desa Puntukrejo Ngargoyoso Karanganyar Untuk Pembentukan Desa Agrowisata, PKM-HGR, Universitas Sebelas Maret.

Muzha, V. K., Ribawanto, H., Hadi, M., Publik, J. A., Administrasi, F. I., & Brawijaya, U. (2004). Pengembangan Agrowisata Dengan Pendekatan Community Based Tourism (Studi pada Dinas Pariwisata Kota Batu dan Kusuma Agrowisata Batu). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(3), 135–141.

Paramita, S., 2020. Social Media Utilization for Tourism Development, Proceedings of the 2nd Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities (TICASH 2020), pp. 469-473.

Romadhon, M.I., 2017. Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Potensi Desa, Jurnal Pengabdian LPPM Untag Surabaya, Januari 2017, Vol. 02, No. 02, hal 84 – 93

Susyanti, D., W., Latianingsih, N., 2014. Potensi Desa Melalui Pariwisata Pedesaan, Epigram, Vol. 11 No. 1 April 2014:65-70.

Widyastuty, A.A.S.A., Rukmana, S.N., Tribhuwaneswari, A.B., 2020. Penguatan Promosi Desa Wisata Berbasis Kearifan Di Desa Pujon Kabupaten Malang, Penamas Adi Buana, Volume 04, Nomor 1, 01 Juli 2020 hal. 5-12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.