REVITALISASI KAWASAN PABRIK GULA TASIKMADU KARANGANYAR SEBAGAI KAWASAN LIVING HERITAGE

Muhammad Bachtiar Purnomo, Rachmadi Nugroho, Untung Joko Cahyono, Purwanto Setyo Nugroho

Abstract


Pabrik Gula Tasikmadu adalah bangunan bersejarah yang dibangun pada masa kolonial Belanda dengan gaya arsitektur indische. Seiring waktu, banyak renovasi sudah dilakukan pada kawasan pabrik gula yang masih aktif pada saat ini. Renovasi ini menyebabkan berkurangnya suasana arsitektur kolonial sebagai karakter inti PG Tasikmadu. Beberapa area pabrik juga sudah tidak terawat dan terbengkalai. Penelitian bertujuan menghasilkan konsep pelestarian PG Tasikmadu sebagai bangunan cagar budaya agar tetap hidup. Permasalahan revitalisasi dengan konsep living heritage adalah cara perencanaan untuk tetap menjaga kelestarian dari PG Tasikmadu. Kawasan living heritage berkonsep gaya hidup masa lalu yang tidak berubah. Wisata edukasi juga ditambahkan dalam perancanaan yang dimaksudkan untuk mendukung revitalisasi. Wisata edukasi menerapkan tiga kegiatan utama yaitu rekreatif, partisipatif, dan edukatif. Penelitian menggunakan metode deskriptif-kualitatif yang meliputi perumusan identifikasi masalah, pengumpulan data, serta analisis dan sintesis yang hasilnya digunakan sebagai konsep desain penyelesaian permasalahan. Hasil dari penelitian ini adalah konsep pengembalian bangunan-bangunan lama PG Tasikmadu yang telah berubah dan terbengkalai menjadi ke bentuk dan suasana indische seperti semula. Wisata edukasi yang dirancang juga mengenalkan tentang masa kejayaan pabrik gula pada masanya sekaligus edukasi hal yang berkaitan dengan gula. Untuk mendukung kegiatan edukasi wisata juga dibentuk sebuah museum yang sekaligus menampung alat-alat produksi kuno bersejarah.

Full Text:

PDF

References


Hadi, Nur. 2012. Pengembangan Kawasan Agrowisata Sondokoro di Kabupaten Karanganyar. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi Jurusan Teknik. Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim: Malang.

Indiria K., Aldilla, Wiwik Setyaningsih, dan Tri Yuni Iswati. 2018. Penerapan Arsitektur Kontekstual pada Revitalisasi Stasiun Lempuyangan di Yogyakarta. Jurnal Senthong Volume 1 Nomor 1.

Lestariningsih, Siti, Maya Andria Nirawati, dan Ana Hardiana. 2020. Konsep Penyajian dan Penataan Koleksi pada Museum Sejarah Kota Salatgia. Jurnal Senthong Volume 3 Nomor 1.

Purwadi. 2014. Gula dalam Kajian Filsafat Budaya Jawa. Jurnal Ikabudi Volume 3 Nomor 10.

Rachmawati, M. . 2008. Studi Olah Tampang Bangunan Kolonial (Rumah Tinggal di Malang). Tidak dipublikasikan. Surabaya: Pusat Penelitian Institut Teknologi Sepuluh November.

Santoso, Iwan dan Dahono Fitrianto. 2018. Melestarikan Jejak Revolusi Industri 1.0, https://interaktif.kompas.id/baca/revolusi-industri-gula/, diakses pada 6 Agustus 2020 pukul 20:35.

Sisiwokartono, W.E. Soetomo. 2006. Sri Mangkunegaran IV sebagai Penguasa dan Pujangga (1853-1881). Semarang: Aneka Ilmu.

Suhartono. 1995. Bandit-bandit Pedesaan di Jawa (Studi Historis: 1850-1942). Yogyakarta: Aditya Media.

Wasino. 2008. Kapitalisme Bumi Putra: Perubahan Masyarakat Mangkunegaran. Yogyakarta: LKIS.

Wasino. 2014. Modernisasi di Jantung Budaya Jawa : Mangkunegaran 1896-1944. Jakarta: Buku Kompas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.