PENERAPAN PRINSIP ARSITEKTUR ORGANIK PADA BALAI BESAR PELATIHAN PERTANIAN PADI DI DELANGGU

Oktarina Nathania Putri, Musyawaroh Musyawaroh, Tri Joko Daryanto

Abstract


Arsitektur organik perlu diterapkan sebagai strategi desain pada fasilitas pendidikan dan pelatihan pertanian bagi generasi muda dalam rangka meningkatkan produktivitas padi. Delanggu dipilih sebagai lokasi perancangan, karena memiliki kesesuaian kriteria dengan objek rancang bangun, yaitu merupakan sentra pertanian padi dan didukung program Pemerintah Klaten, menjadikan petani Klaten sebagai petani milenial dalam rangka mewujudkan program swasembada pangan Kabupaten Klaten. Pendekatan arsitektur organik dipakai dalam proses desain Balai Besar Pelatihan Pertanian Padi untuk menjaga keselarasan antara bangunan dengan lingkungan tapak serta menarik perhatian generasi muda agar tertarik berkunjung dengan bentuk bangunan yang unik. Prinsip Arsitektur organik building as nature, continous present, form follow flow, of the people, of the hill, of the material, youthful and unexpected, dan living music, diterapkan menyeluruh dalam proses desain. Metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif, melalui tahapan eksplorasi gagasan dan permasalahan, pengumpulan data, selanjutnya dianalisis untuk menghasilkan sebuah konsep perencanaan dan perancangan yang kemudian ditransformasikan ke dalam sebuah desain. Hasil dari penelitian ini berupa rancang bangun Balai Besar Pelatihan Pertanian Padi di Delanggu, didukung dengan penerapan prinsip arsitektur organik yang diimplementasikan secara menyeluruh pada pengolahan tapak, peruangan, bentuk, tampilan, struktur dan utilitas kawasan.

Full Text:

PDF

References


Amalina, Y. (2016). Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pertanian Dengan Pendekatan Eco Tecnology Architecture. Jakarta: Trisakti University Press, 1-10.

Aufaa, Azhar (2020). Pendekatan Arsitektur Organik pada Desain Hotel Resort di Pantai Menganti Kebumen. Senthong, Vol. 2, No. 2, 2020, 393-403.

BPS. (2019). Luas Panen Dan Produksi Padi Di Indonesia 2019. BPS-RI.

Himaartra. (2016). Organic Architecture – Himpunan Mahasiswa Arsitektur Petra.

http://himaartra.petra.ac.id/organic-architecture/

Ikaningtyas, D. A. A. (2013). Produksi Beras di Delanggu pada masa Orde Baru 1968-1984.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 58.

Pearson, D. (2001). New Organic Architecture: The Breaking Wave. University of California Press.

Priyambodo, B. (2020). Petani Klaten Didorong Hasilkan Beras Premium – Pemerintah Provinsi

Jawa Tengah.Portal Berita Pemerintah ProvinsiJawa Tengah.

https://jatengprov.go.id/beritadaerah/petani-klaten-didorong-hasilkan-beras-premium/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.