SEKOLAH DASAR INKLUSI DI SURAKARTA DENGAN PENDEKATAN PRINSIP FLEKSIBILITAS RUANG

Ivah Saphira Fauziana, Bambang Triratma, Ummul Mustaqimah

Abstract


Pendidikan merupakan hak warga negara. Sekolah Dasar Inklusi merupakan sekolah yang mewadahi siswa regular, tunanetra dan tunarungu sehingga diharapkan menghasilkan siswa yang memiliki interaksi sosial baik. Sekolah Dasar Inklusi membutuhkan desain yang mengacu pada pemenuhan kebutuhan siswa dalam pendidikan serta pengembangan diri. Hal ini tentunya sesuai dengan standar pendidikan di Indonesia. Namun belum banyak dilakukan oleh Sekolah Dasar Inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengintepretasikan tipologi Sekolah Dasar Inklusi yang dapat meningkatkan interaksi sinergis siswa regular, tunanetra dan tunarungu. Prinsip fleksibilitas ruang diterapkan untuk merespon kebutuhan siswa yang akan terus berubah seiring berjalannya waktu. Keberagaman fungsi dan kegiatan siswa dapat terakomodir secara efektif. Kota Surakarta saat ini memiliki 16 Sekolah Dasar Inklusi,sebelas di antaranya adalah Sekolah Dasar Negeri yang ditunjuk pemerintah untuk menyelenggrakan pendidikan inklusi. Hal ini menyebabkan ruang kelas yang belum memadai untuk penyelenggaraan pendidikan inklusi sesuai dengan tiga model pembelajaran, yang diterapkan pada kurikulum tematik bagi siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, diawali dengan identifikasi masalah, pengumpulan data, studi preseden, dilanjutkan analisa data sebagai acuan perancangan bangunan. Hasil yang didapat berupa tiga prinsip fleksibiltas ruang, yaitu ekspansibilitas, konfigurasi ruang, dan ruang multifungsi yang diterapkan pada Sekolah Dasar Inklusi di Surakarta

Kata kunci: sekolah dasar, inklusi, fleksibilitas ruang, Kota Surakarta


Full Text:

PDF

References


Fisher, K. (2000), Building Better Outcomes. The Impact of School Infrastructure on Student Outcomes

and Behaviour. Schools Issues Digest, Department of Education, Training and Youth Affairs,

Australian Government.

Hawkins, G., Jenkins, J., Watson, L., Foster, V., Ward, M., Keeler, D. (2008). Designing for Disabled

Children and Children with Special Educational Needs: Guidance for Mainstream and Special

Schools (Vol. 102). Norwich: TSO information and publishing solutions.

Kronenburg, Robert. (2007), Flexible: Architecture that Responds to Change. London: Lauren King

Publisher Pena, W. M., & Parshall. S. A. (2012), Problem seeking: An architectural programming primer.

John Wiley & Sons


Refbacks

  • There are currently no refbacks.