PENERAPAN ARSITEKTUR KONTEKSTUALISME PADA KAMPUS TERPADU SEKOLAH VOKASI UNS
Abstract
Sekolah Vokasi UNS terus berkembang. Perkembangan Sekolah Vokasi UNS perlu didukung dengan fasilitas yang optimal untuk melakukan kegiatan belajar mengajar dan praktikum. Kampus terpadu dapat menjadi solusi fasilitas yang dibutuhkan Sekolah Vokasi UNS. Tujuan dari perencangan kampus terpadu adalah mewujudkan sarana pendidikan yang dapat menjadi tempat melakukan semua kegiatan untuk Sekolah Vokasi UNS. Objek rancang bangun kampus terpadu Sekolah Vokasi UNS menerapkan pendekatan arsitektur kontekstualisme karena mampu menghadirkan keselarasan dengan lingkungan sekitar, kearifan lokal, serta memperkuat identitas UNS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang terdiri dari mengidentifikasi isu dan tujuan, mengumpulkan data, menganalisis data, dan merumuskan hasil sebagai acuan perancangan bangunan. Hasil penelitian ini adalah penerapan arsitektur kontekstualisme pada desain kampus terpadu Sekolah Vokasi UNS yang diaplikasikan melalui konsep tapak, tata massa, gubahan massa, fasad atau tampilan bangunan, serta elemen pendukungnya.
Kata kunci: Kampus terpadu, Sekolah Vokasi UNS, arsitektur kontekstualisme
Full Text:
PDFReferences
Bentley, Ian. 1985. Responsive Enviroments : A Manual for Designers. New York: Routledge.
Brolin, B. C. (1980). Architecture in Context. New York: Van Nostrand Reinhold Company.
Budi, W. P., Hardiyati, & Nugroho, Rachmadi (2021). “Pengembangan Kampung Nelayan Muara Angke dengan Pendekatan Arsitektur Kontekstual”, Senthong, 4(2), 735-744
Cresswell, J. W. (2009). Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.
In SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.1080/14675980902922143
Dantrivani, R., Hardiyati, & Sumaryoto (2021). “Penerapan Arsitektur Kontekstual Pada Community Learning Center untuk Anak Putus Sekolah di Kapuk, Jakarta Barat”, Senthong, 4(1), 240-249
Marlina, Endang (2019) “Arsitektur Kontekstual Pada Design Bangunan(kasus: Rancangan Gedung Medik Sentral RSUP Dr. Kariadi, Semarang)”, Jakarta: Universitas Trisakti
Wolford, J., (2004). “Architectural Contextualism in Twentieth Century”, Georgia Institute of Technology.
Refbacks
- There are currently no refbacks.