PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT DI SEMARANG

Daiva Ardian Dipta, Avi Marlina, Ummul Mustaqimah

Abstract


Penduduk usia 5-19 tahun dengan status tidak mengemban pendidikan mengalami jumlah yang cukup tinggi di Kota Semarang. Ketersediaan fasilitas pendidikan nonformal belum mengakomodasi jumlah penduduk yang berstatus tidak mengemban pendidikan di Kota Semarang. Dengan demikian, objek rancang bangun Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) menjadi wadah untuk memfasilitasi masyarakat Kota Semarang yang berstatus tidak mengemban pendidikan untuk tetap memperoleh pembelajaran yang layak. Objek rancang bangun PKBM dapat ikut serta dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yang terdiri dari identifikasi permasalahan dan tujuan, peninjauan data literatur, analisis objek rancang bangun, dan pengolahan konsep hasil analisis. Hasil penelitian meliputi konsep tapak yang meningkatkan hubungan antara bangunan dengan masyarakat, konsep ruang yang mewadahi pembelajaran dengan tenang, nyaman, dan menciptakan interaksi, konsep bentuk dan tampilan yang menciptakan kesan membumi, serta konsep struktur dan utilitas yang mendukung kualitas lingkungan pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Sendratari, L. P., Hum, M., Maryati, T., & Pd, M. (2019). e-Journal Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Ganesha e-Journal Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Ganesha, 1, 66–76.

Andita, L. R. et al. (2016). Peran KJRI Kota Kinabalu dalam meningkatkan Akses Pendidikan bagi Anak-Anak Buruh Migran Indonesia (BMI) di Sabah. Jurnal Transformasi. 1(30).

Creswell, J. W. (2009). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (3rd ed.). Sage Publications, Inc.

Data Sekolah Semester 2023/2024 Ganjil. (2023). Retrieved from Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi: https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/2/036300

Dinas Pendidikan Kota Semarang. (2018). Perubahan Kedua Rencana Strategis Dinas Pendidikan Kota Semarang Tahun 2016-2021. Semarang: Dinas Pendidikan Kota Semarang.

Fatimah, N., & Nur’aini, F. (2019). Menggali Intan Berlian di Kubangan Berlumpur: Sebuah upaya PKBM “Anugrah Bangsa” dalam Mengelola Pendidikan bagi Anak Bermasalah. Forum Ilmu Sosial, 71-82.

Hardjono, H., Raharjo, T. J., & Suminar, T. (2010). Model Pemberdayaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Dalam Pengelolaan Program Pendidikan Kesetaraan Berbasis Life Skills Dan Kewirausahaan. Edukasi, 1(2), 1–14.

https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/article/view/955/892

Hartono, Agus (2017) Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Dalam Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Di Jepara. Masters thesis, STAIN Kudus.

Hatimah, I. (2006). Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal di PKBM. Jurnal Mimbar Pendidikan, (1), 39–45.

IMADIKLUS. (2021). Makna, Fungsi, Karakteristik dan program pembelajaran Pusat kegiatan belajar masyarakat. Retrieved from IMADIKLUS (Ikatan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah): https://imadiklus.or.id/makna-fungsi-karakteristik-dan-program-pembelajaran-pusat-kegiatan-belajar-masyarakat/

Jamilah, H., Purwani, O., & Pramesti, L. (2020). Konsep Fleksibilitas Arsitektur Six S. Januari, 3(1), 292-301. https://jurnal.ft.uns.ac.id/index.php/senthong/index

Pemerintah Indonesia. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta

Saverus. (2019). Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 1–19.

http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.084865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp://books.google.com/books?hl=en&lr=≈id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5&dq=Principles+of+Digital+Image+Processing+fundamental+techniques&ots=HjrHeuS_

Wamaungo, Juma Abdu. (2015). Mendidik untuk membentuk karakter : bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan bertanggung jawab (Ed. Ke-1, Cet. Ke-4). Jakarta: Bumi Aksara.

Yulaelawati, E. (2012). Kebijakan, Perundang-undangan dan Pelaksanaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Indonesia. Jurnal AKRAB, 3(1), 1-17.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.