PENERAPAN PSIKOLOGI ARSITEKTUR PADA KONSEP ASRAMA MAHASISWA DI KOTA SURAKARTA

Fandi Adam, Hardiyati Hardiyati, Anita Dianingrum

Abstract


Surakarta merupakan kota di Indonesia yang memiliki sejumlah mahasiswa perguruan tinggi yang banyak. Tercatat Kota Surakarta memiliki jumlah mahasiswa aktif sebesar 70.757 orang. Banyaknya jumlah mahasiswa aktif berbanding lurus akan kebutuhan tempat tinggal bagi mahasiswa. Asrama mahasiswa menjadi salah satu pilihan bagi mahasiswa sebagai tempat tinggal selain indekos. Akan tetapi, berdasarkan hasil wawancara terhadap 3.175 mahasiswa tahun pertama, 60% diantaranya menyatakan tidak tertarik tinggal di asrama. Alasannya karena jarak asrama yang terlalu jauh dari kampus dan kurangnya fasilitas pendukung di sekitar asrama. Selain itu, konflik interpersonal menjadi permasalahan utama yang kerap akan dihadapi oleh mahasiswa yang tinggal di asrama. Hal tersebut dikarenakan perbedaan latar belakang sosial budaya, ekonomi, karakteristik kepribadian yang berbeda-beda. Pendekatan psikologi arsitektur berperan penting dengan cara mengatasi permasalahan yang terjadi pada setiap individu sehingga dapat tercipta perilaku yang diinginkan. Adapun prinsip-prinsip psikologi arsitektur yang diterapkan untuk mengurangi terjadi konflik interpersonal di asrama. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi penerapan pendekatan psikologi arsitektur pada desain yaitu menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Hasil penerapan prinsip psikologi arsitektur berupa pemisahan sirkulasi, penambahan RTH, membuat beberapa jenis tipologi kamar, membuat ruang kamar menjadi nyaman dan menyenangkan, menggunakan bentuk-bentuk sangkar pada bangunan dan ruang kamar, menggunakan kombinasi warna-warna panas, serta membagi bangunan menjadi beberapa massa.

Full Text:

PDF

References


Aminati, Arfiani Yulia. 20113. Studi Kepustakaan Mengenal Landasan Teori dan Praktik Konseling

Resolusi Konflik Interpersonal. Jurnal BK UNESA Volume 03 Nomor 01. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Surabaya.

Bermadi, Aditya. 2019. Perancangan gedung Pusat Seni di Nitiprayan Yogyakarta dengan Pendekatan Psikologi Arsitektur. Yogyakarta: Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia.

Ching, F. D., & Dai-Kam, F. (1996). Arsitektur: Bentuk, Ruang, dan Tatanan. Penerbit Erlangga De Chiara, Joseph; J Crosbie, Michael 2001.Time Saver Standards for Building Types.Singapore: McGraw Hill Book Companies Inc.

Halim, Deddy. 2005. Psikologi Arsitektur Pengantar Kajian Lintas Disiplin Deddy Halim. Jakarta Grasindo.

Hasna, Fildza. 2017. Kelebihan dan Kekurangan Ngekos dan Asrama.

https://rencanamu.id/post/kehidupan-mahasiswa/ngekos-atauasrama-cek-kelebihan-dankekurangannya

Keputusan Presiden (KEPPRES) Nomor 40 Tahun 1981 tentang Pembangunan Asrama Mahasiswa Untuk Perguruan Tinggi Di Seluruh Indonesia

Londo, Febryanti Adriana. 2017. Gelanggang Remaja di Manado Pendekatan Psikologi Arsitektur.

Progam Studi S1 Arsitektur Universitas Sam Ratulangi. Murti, Respati Arsy. 2019. Redesain Asrama Mahasisaw Universitas Sebelas Maret dengan Pendekatan Arsitektur Hybrid. Surakarta: Progam Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret

Pile, J. F. (1997). Color in interior design (pp. 1068-1079). New York, NY: McGraw-Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.