PENERAPAN KONSEP ARSITEKTUR EDUKATIF PADA DESAIN KAWASAN MANASIK HAJI DAN UMRAH DI SOLO RAYA Sebagai Fasilitas Penyedia Jasa Manasik

Na'im Assa'ad, Musyawaroh Musyawaroh

Abstract


Pemahaman manasik haji atau umrah bagi calon jamaah sangat diperlukan untuk kesempurnaan pelaksanaan ibadah tersebut, fasilitas manasik yang lengkap dan representatif masih sulit ditemukan dan belum dimiliki oleh pemerintah kota setempat. Perancangan ini bertujuan untuk menyediakan fasilitas jasa pembinaan manasik yang memadai dan representatif bagi lembaga tertentu maupun masyarakat umum di Solo Raya tepatnya Colomadu, Karanganyar. Konsep Arsitektur Edukatif diterapkan pada desain kawasan agar memberikan pemahaman ilmu yang diperoleh lebih maksimal, proses yang didapat untuk memahami suatu hal melalui pembekalan materi dan praktik. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang meliputi proses identifikasi masalah, proses pengumpulan data, proses analisis data, dan proses sintesis data untuk menghasilkan rekomendasi desain kawasan manasik dengan prinsip arstektur edukatif. Hasilnya berupa penerapan prinsip arsitektur edukatif pada berbagai elemen desain kawasan meliputi peruangan, bentuk tampilan, zonasi kawasan, dan sirkulasi.

 

 

Kata kunci: pembinaan manasik, arsitektur edukatif, Solo Raya, Colomadu


Full Text:

PDF

References


Afidati, N., G., 2018. Perancangan Homestay di Desa Wisata Nglinggo Dengan Pendekatan Arsitektur Edukatif. Yogyakarta: Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Islam Indonesia.

Ajuz, 2019. List Kbih Jateng. Retrieved from https://www.scribd.com/document/416397993/List-Kbih-Jateng.

Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama Republik Indonesia, 2020. Tuntunan Manasik Haji dan Umroh. Retrieved from https://haji.kemenag.go.id/v5/storage/strapi-cms-landing-page/cms/Buku_Tuntunan_Manasik_Haji_f14b85fc63.pdf.

Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama Republik Indonesia, 2021. Data dan Profil KBIHU. Retrieved from https://haji.kemenag.go.id/v5/storage/strapi-cms-landing-page/cms/4_Buku_direktori_rev_6_4_21_9e9d103073.pdf.

Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama Republik Indonesia, 2022. Daftar Tunggu Jemaah Haji Indonesia Menurut Usia. Retrieved from https://satudata.kemenag.go.id/dataset/detail/daftar-tunggu-jemaah-haji-indonesia-menurut-usia.

Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama Republik Indonesia, 2022. Jumlah Pendaftar Baru Jemaah Haji Indonesia Menurut Usia. Retrieved from https://satudata.kemenag.go.id/dataset/detail/jumlah-pendaftar-baru-jemaah-haji-indonesia-menurut-usia.

Fahham, A., M., 2015. Penyelenggaraan Ibadah Haji: Masalah dan Penanganannya. Jurnal DPR RI, 20(3), 201-217.

Kementerian Agama Jawa Tengah, 2022. Data Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang Berkantor Pusat di Provinsi Jawa Tengah. Retrieved from https://jateng.kemenag.go.id/wp-content/uploads/2022/02/DATA-PIHK-Pusat-Jawa-Tengah-Februari-2022.pdf.

Kementerian Agama Jawa Tengah, 2022. Data Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang Membuka Cabang di Provinsi Jawa Tengah. Retrieved from https://jateng.kemenag.go.id/wp-content/uploads/2022/02/DATA-PIHK-Cabang-Jawa-Tengah-Februari-2022.pdf.

Kementerian Agama Jawa Tengah, 2022. Data Penyelenggara Perjalanana Ibadah Umroh (PPIU) yang Berkantor Cabang di Jawa Tengah. Retrieved from https://jateng.kemenag.go.id/wp-content/uploads/2022/02/DATA-PPIU-Cabang-Jawa-Tengah-Februari-2022.pdf.

Kementerian Agama Jawa Tengah, 2022. Data Penyelenggara Perjalanana Ibadah Umroh (PPIU) yang Berkantor Pusat di Provinsi Jawa Tengah. Retrieved from https://jateng.kemenag.go.id/wp-content/uploads/2022/02/DATA-PPIU-Pusat-Jawa-Tengah-Februari-2022.pdf.

Lubis, A., R., 2012. Discovery World Medan - Arsitektur Rekreatif Edukatif. Medan: Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Sumatra Utara.

Rohmansyah, D., 2017. Bimbingan Manasik Haji pada Lembaga Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al Fattah Talngpadang Kabupaten Tanggamus (Telaah pada Fungsi Pengawasan). Lampung: Skripsi. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sulistiyo, Aris Agung dan Ratriningsih, Desrina, 2021. Penerapan Konsep Rekreatif Edukatif dalam Perancangan Alam Sewu Ecopark Tobacco and Coffe di Ngadirejo Kabupaten Temanggung. Jurnal Senthong, (4)1, 284-295


Refbacks

  • There are currently no refbacks.