PERANCANGAN AGROWISATA KOPI DI BAWEN, KABUPATEN SEMARANG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR BERKELANJUTAN

Yuni Ari Setyawati, Wiwik Setyaningsih

Abstract


Perancangan Agrowisata Kopi di Bawen, Kabupaten Semarang dengan Pendekatan Arsitektur Berkelanjutan bertujuan untuk menggali potensi pengembangan agrowisata kopi sebagai upaya mendukung pembangunan berkelanjutan di wilayah Bawen. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai PembangunanBerkelanjutan (SDGs), penelitian ini menganalisis potensi ekonomi, sosial, dan lingkungan yang dapat dihasilkan melalui agrowisata kopi. Pemilihan topik ini didasarkan pada urgensi meningkatkan kesadaran akan pentingnya keberlanjutan dalam pengembangan pariwisata. Penelitian ini mengidentifikasi permasalahan terkait dengan perancangan agrowisata kopi dengan metode penelitian deskriptif kualitatif yang berbasis analisis lingkungan, partisipasi masyarakat, dan pendekatan arsitektur berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan desain agrowisata kopi yang berwawasan lingkungan, berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan mempromosikan keberlanjutan.

Kata kunci: Agrowisata Kopi, Arsitektur Berkelanjutan, Pembangunan Berkelanjutan, Bawen, SDGs

 


Full Text:

PDF

References


Albayrak, T., & Keskin, G. (2016). Sustainable architecture and the culture of sustainability. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 234, 48-57

Amato, A., & Viggiano, R. (2017). Sustainable architecture: A definition and a method of assessment. Sustainability, 9(6), 955.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Semarang. (2022). Kabupaten Semarang dalam angka 2021. Semarang: Badan Pusat Statistik Kabupaten Semarang.

Cetin, M. (2017). The importance of agrotourism in sustainable tourism development. Journal of Environmental Health Science and Engineering, 15(1), 7.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Semarang. (2022). Data potensi wisata Kabupaten Semarang. Semarang: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Semarang.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (2019). Panduan pengembangan agrowisata. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Purnomo, H. (2015). Arsitektur dan lingkungan. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Setiawan, B., & Firmansyah, I. (2018). Perancangan arsitektur berkelanjutan pada objek wisata agro di Bawen, Kabupaten Semarang. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(2), 267-2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.