TINJAUAN STANDARD FASILITAS GELANGGANG REMAJA PADA YOUTH CENTRE YOGYAKARTA

Annisa Shafia Mushaffa, Pratiwi Anjar Sari

Abstract


Youth Centre Yogyakarta adalah gelanggang remaja di Provinsi Yogyakarta yang mewadahi kegiatan remaja khususnya daerah Yogyakarta. Sejak dibangun tahun 2010, banyak terjadi perubahan fungsi fasilitas yang ada pada bangunan. Hal tersebut membuat menurunnya minat remja untuk menggunakan fasilitas gelanggang remaja. Padahal seiring berkembangnya jaman, urgensi fasilitas yang layak untuk wadah remaja semakin diperlukan. Ketidaklayakan fasilitas yang terjadi pada Youth Centre Yogyakarta dapat dilihat dari studi literatur dengan undang-undang yang mengatur mengenai perancangan gelanggang remaja. Metode yang dilakukan adalah dengan membandingkan literatur dengan kondisi eksisting yang ada pada Kawasan. Dalam hal ini, evaluasi dilakukan berdasarkan hasil observasi lapangan dan wawancara hingga didapatkan data untuk ditinjau. Hasil dari evaluasi menunjukkan kondisi fasilitas Youth Centre Yogyakarta belum memenuhi standar fasilitas pada bangunan gelanggang remaja. Hal ini dapat dijadikan dasar proses pengembangan fasilitas Youth Centre Yogyakarta agar Kembali hidup dan menjadi wadah bagi remaja Yogyakarta

Full Text:

PDF

References


Chusid, M. (1991). Time-Saver Standards for Building Types. Journal of Testing and Evaluation, 19(4), 347-347.

Febrian, D. E. (2021). GELANGGANG REMAJA DI KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU (Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).

MENPORA.,1986. Olahraga “pedoman penyelenggaraan Gelanggang Remaja”,1986, hlm 45-50.

Neufert, Ernst. 1996. Data Arsitek Edisi 33 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

PURNAMA ARNOLD, M. U. T. H. I. A. (2003). GELANGGANG REMAJA DI YOGYAKARTA (Doctoral dissertation, Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Undip).

Tandjung, A., & Moochtar, R. (1994). Standar tata cara perencanaan teknik bangunan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.