PENERAPAN PRINSIP FLEKSIBILITAS RUANG PADA UNIT RUMAH SUSUN PRODUKTIF DI NGAWI

Artdea Putri, Hardiyati Hardiyati

Abstract


Abstrak

Peningkatan jumlah penduduk di Indonesia pada tahun 2023 tercatat sejumlah 2,9 juta jiwa. Kenaikan jumlah penduduk ini berdampak pada meningkatnya permintaan bangunan hunian dan rumah. Permintaan bangunan hunian yang semakin meningkat menyebabkan backlog karena jumlah lahan tidak sebanding dengan jumlah permintaan bangunan hunian. Solusi arsitektural yang dapat diterapkan adalah pengembangan rumah susun yang sekaligus diintegrasikan dengan area produksi industri rumah tangga. Agar rumah susun dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan tahapan identifikasi isu, pengumpulan data, analisis data, dan sintesis data berdasarkan teori fleksibilitas ruang. Konsep rumah susun terpadu yang terdiri dari konsep tapak, bentuk, peruangan, struktur, dan utilitas. menggunakan kriteria desain yang bersumber dari standar bangunan rumah susun dan sanitasi industri rumah tangga. Fleksibilitas ruang yang terdiri dari adaptable, universal, moveable, transformable, dan responsive secara khusus diimplementasikan pada konsep peruangan. Implementasinya adalah dengan menggunakan desain open layout pada unit rumah susun dengan mempertimbangkan kebutuhan ruang untuk kegiatan berhuni dan kegiatan kerja industri rumah tangga.

 

Kata kunci: rumah susun, fleksibilitas, tata ruang.


Full Text:

PDF

References


Geoff. 2007. Flexibility in Architecture, The way We Live. Diakses melalui wordpress.com: https://thewaywelive.wordpress.com/2007/11/15/flexibility-in-architecture/

Kementerian Pekerjaan Umum. 2007. Pedoman Teknik Pembangunan Rumah Susun Sederhana.

Peraturan Kepala BPOM RI Nomor HK.03.1.12. 04.12.2206 Tahun 2012. Tentang Cara Produksi Pngan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga.

Permatasari, Gusti Ayu A., 2012. Backlog Perumahan Dan Strategi Pemerintah Dlam Pengadaan Perumahan Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (Studi Kasus : Jakarta Timur).

Schneider, T., Till J., 2005. Flexible housing: opportunities and limits. Architectural Research Quarterly. Cambridge University Press.

Suwargany, Melly H., 2017. Analisis Kebutuhan Ruang Permukiman Dalam Pemenuhan Perumahan Untuk Masyarakat Di Kabupaten Banyumas. Purwokerto : Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Geografi FKIP UMP 2017

Utomo, M., Eddy Rifai dan Abdulmuthalid Thahir. 1992. Pembangunan dan Alih Fungsi Lahan. Lampung : Universitas Lampung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.