PENERAPAN DESAIN INKLUSIF PADA PERANCANGAN SANGGAR PAUD INKLUSIF DI YOGYAKARTA

Siwi Gita Kartika, Ummul Mustaqimah, Hardiyati Hardiyati

Abstract


Pendidikan inklusif merupakan sistem pendidikan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik dengan kebutuhan khusus untuk mengikuti pembelajaran bersama dengan peserta didik pada umumnya. Sistem inklusif menjadi sebuah jembatan dalam merespon kebutuhan yang beragam dari anak-anak tanpa diskriminasi dalam pendidikan yang setara dan berkualitas. Sanggar PAUD inklusif di Yogyakarta hadir sebagai bangunan pendidikan yang mewadahi kegiatan edukasi dan eksplorasi yang merangsang tumbuh kembang anak usia dini dengan menerapkan sistem pendidikan inklusif. Dalam perancangannya, sanggar PAUD inklusif memerlukan desain khusus yang mengacu pada perbedaan karakteristik tiap peserta didik yang berbeda-beda. Perancangan desain yang tepat dibutuhkan untuk mewujudkan sistem pendidikan inklusif sesuai dengan kebutuhan dan kecenderungan perilaku anak. Menanggapi hal tersebut maka akan diterapkan prinsip desain inklusif pada perancangan bangunan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian terapan (applied research) melalui penggalian ide awal dan pengumpulan data yang kemudian disimpulkan menjadi suatu pedoman dalam analisis perancangan. Dari analisis yang dilakukan maka akan didapat hasil  penerapan desain inklusif pada bangunan yang diwujudkan melalui pemilihan lokasi, pengolahan akses bangunan, pengolahan ruang kelas inklusif dan pengolahan kualitas ruang.

 

Kata kunci: Desain Inklusif, pendidikan anak usia dini, anak berkebutuhan khusus


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.