PENERAPAN TEORI ATMOSFER PETER ZUMTHOR PADA PERANCANGAN GALERI KEBUDAYAAN MAGELANG DI MAGELANG

Fauziah Prabarini, Hardiyati Hardiyati, Rachmadi Nugroho

Abstract


Kebudayaan Magelang merupakan dampak positif dari keberadaan Candi Borobudur yang merupakan destinasi wisata utama wisatawan ketika berkunjung ke Magelang. Faktanya, Kebudayaan Magelang kurang dikenal karena kurangnya sarana dan prasarana yang mengenalkan kekayaan budaya tersebut, kurangnya wadah bagi seniman lokal untuk mengenalkan hasil karya seninya, dan kunjungan wisatawan yang hanya 1-2 hari. Galeri kebudayaan merupakan suatu wadah yang berfungsi untuk mewadahi hasil karya seniman lokal Magelang dan mengenalkan Kebudayaan Magelang dalam waktu yang singkat dengan salah satu tuntutan penting galeri adalah penciptaan atmosfer (suasana). Arsitek yang memerhatikan penciptaan atmosfer dalam bangunan adalah Peter Zumthor. Peter Zumthor dalam setiap proses desain selalu menggunakan pendekatan secara tidak kasat mata terhadap setiap objek arsitektural rancangannya yang dijabarkan menjadi sembilan aspek. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian terapan melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Penerapan Teori Atmosfer Peter Zumthor dilakukan untuk mendapatkan atmosfer yang diinginkan dengan mengenal langsung tapak dan lingkungan sekitarnya, merasakan ruang dengan berdiam diri sejenak di tapak
pada waktu tertentu, dan mencari data tentang tapak. Pada Galeri Kebudayaan Magelang, pemilihan lokasi tapak berdasarkan persebaran Kebudayaan Magelang, pengolahan sirkulasi yang mengelilingi tapak dan memiliki alur cerita, sistem pencahayaan pendukung estetika bangunan, dan penggunaan berbagai jenis material pada bangunan menjadi poin perancangan yang penting dalam penciptaan atmosfer.


Full Text:

PDF

References


Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magelang. (2015). Kabupaten Magelang.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Magelang. (2016). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Magelang 2016-2021. Kota Magelang.

Kabupaten Magelang, B. (2016). Kabupaten Magelang Dalam Angka 2016. Magelang: BPS Kabupaten Magelang.

Kota Magelang, B. (2016). Statistik Kota Magelang 2016. Kota Magelang: Badan Pusat Statistik Kota Magelang.

Kota Magelang, D. (2016). Profil Kebudayaan 2015. Kota Magelang.

Zumthor, P. (2006). Atmospheres - Architectural Environment and Surrounding Objects. Switzerland: Birkhauser Architecture.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.