PENERAPAN DESAIN ARSITEKTUR PERILAKU PADA PERANCANGAN REDESAIN PASAR PANGGUNGREJO SURAKARTA

Bagus Wahyu Saputro, Musyawaroh Musyawaroh, Kusumaningdyah Nurul Handayani

Abstract


Pasar Panggungrejo merupakan pasar rakyat yang dibangun sebagai relokasi pedagang kaki lima di Kelurahan Jebres, Surakarta yaitu dekat dengan lingkungan Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Institut Seni Indonsia (ISI) Surakarta. Sejak selesainya pembangunan, aktivitas jual beli mengalami penurunan drastis. Ketidaksanggupan performa bangunan terhadap kecenderungan perilaku pengguna menyebabkan pasar mulai ditinggalkan pedagang maupun mahasiswa sebagai konsumennya. Permasalahan arsitektur meliputi kondisi ruang dan sirkulasi belum memenuhi SNI Pasar Rakyat serta tampilan yang tidak mencerminkan identitas pasar rakyat. Strategi dengan aplikasi redesain pada pasar ini merupakan upaya mendesain kembali
bangunan pasar untuk mengembalikan vitalitas ekonomi yang menurun, dimana arsitektur perilaku menjadi bagian dari penyelesain desainnya. Pada perencanaannya, redesain Pasar Panggungrejo mengacu pada hasil evaluasi purna huni (EPH), standar SNI dan penerapan konsep arsitektur perilaku. Metode penelitian yang digunakan yaitu penilaian EPH, signifikasi tapak, penelitian terapan (applied research) berupa tindakan aplikatif pendekatan arsitektur perilaku dan programatik arsitektur. Pengumpulan data dari observasi,
pemetaan, wawancara, dan pengamatan sebagai acuan dalam analisis terapan desain. Dari analisis tersebut didapat hasil penerapan desain arsitektur perilaku pada bangunan yang diwujudkan melalui fleksibilitas ruang pasar, kemudahan akses sirkulasi, dan keunikan tampilan bangunan dengan didukung sistem struktur tabung truss (truss tube) sehingga dapat memecahkan masalah perekonomian pasar.


Full Text:

PDF

References


Aliyah, I., Daryanto, T. J., & Rahayu, M. J. (2007). Peran Pasar Tradisional dalam Mendukung Pengembangan Pariwisata Kota Surakarta. Gema Teknik .

BSNI. (2015 ). SNI 8152:2015 tentang Pembangunan dan Pengelolaan Pasar Rakyat . Jakarta: Badan Standarisasi Nasional Indonesia.

Dharma, S. (2008). Pendekatan, Jenis, Dan Metode Penelitian Pendidikan. Kompetensi Penelitian dan Pengembangan 05-B1. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Hardiyanto, B. d. (2015). Kantor Sewa dengan Fasad Ekspos Struktur di Kota Malang. Universitas Brawijaya.

Laurens, J. M. (2004). Arsitektur dan Perilaku Manusia. Jakarta: Grasindo.

Mangunwijaya, Y. B. (1988). Wastu Citra. Jakarta: PT. Gramedia. No.112, P. P. (2007). Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisionnal, Pusat Perbelanjaan, dan Toko Modern. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Purnomo, A. (2014, 11 5). Ratusan Kios Pasar Panggungrejo Terancam Disegel. Retrieved from Joglosemar: https://joglosemar.co

Saputro, B. W. (2017). Konsep Perencanaan dan Perancangan Redesain Pasar Panggungrejo Dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku. Surkarta: Universitas Sebelas Maret.

Setiawan, H. B. (2010). Arsitektur, Lingkungan, dan Perilaku. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.