PENERAPAN ARSITEKTUR HIJAU PADA BANGUNAN AGROWISATA DURIAN DI KABUPATEN JEPARA

Vivi Kurnia Putri, Wiwik Setyaningsih, Hari Yuliarso

Abstract


Penelitian mengangkat sebuah permasalahan desain terhadap pengembangan pertanian durian, sebagai destinasi wisata yang belum terealisasikan dengan baik, dengan merespon keadaan lingkungan dan meminimalkan dampak negatif bagi lingkungan. Bangunan yang menjadi bahan penelitian adalah sebuah bangunan Agrowisata Durian dengan pengguna utama yaitu wisatawan lokal dan mancanegara. Lokasi Agrowisata Durian berada di Kabupaten Jepara, yang merupakan salah satu daerah terkenal dengan durian bervarietas tinggi dan layak untuk dikembangkan. Penelitian bertujuan untuk mengaplikasikan desain arsitektur hijau, yang dapat merespon keadaan lingkungan dan meminimalkan dampak negatif bagi lingkungan pada bangunan Agrowisata Durian, menjadikan metode pemodelan dalam model konseptual dan fisik dipilih untuk menghasilkan desain, yang dapat menerapkan arsitektur hijau pada bangunan Agrowisata Durian. Metode pengumpulan data dilakukan melalui studi lapangan yang kemudian disimpulkan menjadi sebuah pedoman, untuk analisis konsep perancangan bangunan Agrowisata Durian yang berbasis arsitektur hijau


Full Text:

PDF

References


Asikin, Damayanti. Identifikasi Arsitektur Hijau di Permukiman DAS Brantas Kelurahan Penanggungan Malang. Malang (2013).

Brenda, Robert Vale (1996), Green Architecture: Design for a Sustainable Future, Thames & Hudson Ltd, New York.

Dewi, Tri Hesti. (2015). Taman Bermain dengan Pendekatan Arsitektur Hijau di Sukoharjo. Arsitektura, 13.

Erwin. dkk (2017). Penggunaan Panel Surya pada Bangunan Balai Rakyar di Jakarta Barat - Universitas Bina Nusantara.

Karyono, Tri Harso (2010), Green Architecture Pengantar Pemahaman Arsitektur Hijau Di Indonesia, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Natasya, Desvira. (2013). Material Ramah Lingkungan (Green Building Materials) – Universitas Indonesia.

Prawibawa, Putu Dera Lesmana. Dkk (2015). Konsep Arsitektur Hijau sebagai Penerapan Hunian Susun di Kawasan Segi Empat Tunjungan Surabaya, 4.

Sudarwani, M. Maria. (2012). Penerapan Green Architecture dan Green Building sebagai UpayaPencapaian Sustainable Architecture – Universitas Padjajaran, 1-19.

Setyaningsih, W. (2014). Urban Heritage Towards Creative-Based Tourism In The Urban Settlement Of Kauman - Surakarta. Elsevier, 227.

Setyaningsih, W. dkk. (2015). Low-Impact-Development as an Implementation of the Eco-Green Tourism Concept to Develop Kampung towards Sustainable City. Procedia - Social and Behavioral Sciences ELSEVIER-Science Direct, 179 ( 2015 ) 109 – 117.

Salim, Emil. dkk. (2012). Studi Sistem Pencahayaan dan Penghawaan Alami pada Tipologi Underground Building.

Solihin, Intan Salamina. (2018). Penerapan Arsitektur Hijau Pada Bangunan Transit Mall Di Surakarta, 1 (2018) 254-262.

Waskitarini, Ridhati Ummi. (2015). Perpustakaan Umum dengan Pendekatan Arsitektur Hijau di Kota Magelang. Arsitektura, 13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.