PENERAPAN ARSITEKTUR ISLAM PADA PERANCANGAN ISLAMIC CENTER DI KABUPATEN BREBES

Reza Fahmi Irawan, Sumaryoto Sumaryoto, Mohammad Muqoffa

Abstract


Penelitian ini bertujuan memecahkan permasalahan tentang hilangnya nilai-nilai Islam pada perancangan bangunan Islami seperti masjid. Dewasa ini banyak masjid yang dibangun secara megah dan cenderung mengikuti gaya Arsitektur Timur Tengah. Hal ini dapat menimbulkan kemubaziran karena perancangan bangunan yang tidak efisien dan belum tentu sesuai untuk dibangun di wilayah nusantara. Islamic Center Kabupaten Brebes sebagai bangunan Islami sudah seharusnya dirancang sesuai dengan nilainilai dalam Islam melalui penerapan konsep Arsitektur Islam. Metode dalam penelitian ini adalah dengan menggali ide awal serta pengumpulan data, melakukan analisis terhadap konsep Arsitektur Islam yang kemudian disimpulkan menjadi kriteria-kriteria perancangan. Berdasarkan kesimpulan tersebut dihasilkan konsep Arsitektur Islam pada Islamic Center, kemudian diterapkan dengan mengaplikasikan enam prinsip Arsitektur Islam. Pertama, prinsip pengingatan kepada Tuhan, kedua, prinsip pengingatan pada ibadah dan perjuangan, ketiga, prinsip pengingatan akan kerendahan hati, keempat, prinsip pengingatan terhadap toleransi kultural, kelima, prinsip pengingatan akan kehidupan yang berkelanjutan, dan keenam, prinsip pengingatan tentang keterbukaan. Penerapan enam prinsip Arsitektur Islam digunakan pada rencana tapak, tata massa bangunan, dan tampilan bangunan. Kesimpulan yang dihasilkan yaitu penerapan konsep Arsitektur Islam pada perancangan bangunan memiliki tiga poin penting, yaitu: efisiensi, kesederhanaan, dan adaptif.


Full Text:

PDF

References


Fikriani, A., & Maslucha, L. (2007). Arsitektur Islam Refelksi dan Transformasi Nilai Ilahiyah. Malang: UIN-Malang Press.

Ilyas, A. (2015). Mengembalikan Fungsi Masjid. Diambil 4 Oktober 2018, dari https://www.kompasiana.com/ahmadilyas/552e5cbe6ea8341d548b45f3/mengembalikan-fungsi-masjid

Jannah, N. (2016). Revitalisasi Peranan Masjid di Era Modern. Medan: UIN Sumatera Utara.

Muis, A. (2010). Islamic Center di Kepanjen Kabupaten Malang. Malang: UIN Malulana Malik Ibrahim.

Utaberta, N. (2007). Permasalahan dan Pendekatan Studi Tentang Arsitektur Islam. Jurnal Ilmiah Desain dan Konstruksi Universitas Gunadarma, 2(6).

Utaberta, N. (2011). Rekonstruksi Pemikiran, Filosofi, dan Perancangan Arsitektur Islam Berbasiskan Al-Qur;an dan Sunnah. Simposium Alam Bina Serantau Universiti Kebangsaan Malaysia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.